Belajar Bisnis Internet,Belajar Bisnis Online,Bisnis tanpa Modal

Belajar Bisnis Internet,Belajar Bisnis Online,Bisnis tanpa Modal

Merancang Blueprint Bisnis

Jumpa lagi dengan saya,seorang Blogger Pemula,yang mencoba terjun menjadi seorang Pebisnis.
Pada awal saya mencang Bisnis Pembuatan Gerobak
Saya membuat sebuah perencanaan Bisnis,atau Bahasa kerennya,Blueprint Bisnis,dimana Bleuprint yang saya kerjakan ini bisa di adaptasi buat sahabat Blogger dalam merancang Bisnis Anda.
Saya Bagi dalam 2 Aspek Bisnis antara Lain
  • Aspek Internal
Aspek internal yang saya maksud adalah menyiapkan Diri kita,dalam merancang bisnis yang akan Kita Dirikan,Penulis merangkum beberapa Hal/Point penting
  1. Mental Diri Pribadi : Kemukakan Alasan alasan apa yang membuat kita ingin terjun kedalam dunia Bisnis atau menjadi seorang Enterprenuer
  2. Memahami Resiko apa yang akan kita Terima dalam membuat sebuah keputusan Bisnis
  3. Jangan membuat keputusan atau Rancangan Bisnis yang muluk muluk yang belum tentu kita bisa menjalankan keputusan tersebut
  4.  Memiliki Rasa Cinta,dan Keinginan kuat untuk mendirikan Impian bisnis kita
  • Aspek Eksternal
Aspek Eksternal yang saya maksud adalah ,siapa saja yang akan kita libatkan dalam membuat ,merancang,dan mengaplikasikan Ide Bisnis kita Dalam hal ini Contoh Bisnis "Jasa pembuatan Gerobak",Gerobak Unik,Gerobak Warlaba,Yang saya Dirikan.
  1. Menentukan Target Market yang akan kita Bidik,pada saat saya mendirikan usaha ini,saya melakukan Riset secara Online,siapa Target Market saya yang saya bedakan dengan memakai Standard Daya Beli ( Pebisnis pemula makanan,Pebisnis Menengah,Pebisnis Mapan) dengan membuat Segmentasi Target Market maka saya bisa memnentukan Jenis jenis Produk yang akan saya Jual ke pasar.
  2. Melakukan Riset Siapa Kompetitor di Kategori Bisnis tersebut,Berapa Banyak pemainnya,berapa besar Kapitalisasi pasarnya,Dmana Lokasinya,dan Membuat Benchmark/Lawan tanding,dalam Bisnis kita. Dulu saya membuat Benchmark sebuah "Jasa pembuatan Gerobak"Ternama dari kota Surabaya dan Jakarta,karna menurut saya 2 Kota itu adalah Pusat Bisnis terbesar di tanah air. Dengan memiliki Benchmark/Lawan Tanding yang mumpuni,maka anda akan memiliki Energi Positif sehingga bisa menang dalam persaingan Bisnis.
  3.  Menghitung Modal pendirian Sebuah usaha,Dalam hal ini adalah menentukan Berapa Besar Modal/Kapital yang harus kita Siapkan dalam Membangun Sebuah Bisnis ( Insyaallah saya akan mengupas tuntas seni mencari Modal )
  4. Tidak perlu menjadi seorang Ahli di bidang yang akan kita masuki,tapi Berani Bayar Orang lain,untuk menjalankan bisnis kita
  5. Menentukan Lokasi Usaha Terbaik ( akan saya ulas lebih lanjut)
  6. Mencari Karyawan Terbaik,insyaallah Seni mencari Karyawan terbaik akan saya bahas di pertemuan berikutnya
  7. Membuat Goal Bisnis dalam hal ini berapa lama Bisnis tersebut bisa memberikan Hasil Terbaik.
Itu saja sekelumit Cara membuat Blue Print Bisnis,yang saya jalankan selama periode 3 Tahun saya Resign dari pekerjaan saya sebagai Seorang Karyawan.
Tetap Ikuti Blog ini ya,untuk mendapatkan Informasi seputar : Bisnis Online,Panduan Bisnis Online,Peluang Bisnis,Bisnis Tanpa Modal,silahkan Share Artikel ini